Blog About Best Tourist Attractions in Indonesia.

Friday, 16 December 2016

Pengertian, Tahapan , Cara Penularan, Cara Tes HIV Lengkap

Keunikan dan Bahaya Virus HIV  - Sudah lama sekali saya mendengar istilah "HIV" dan menganggapnya hal yang tak terlalu penting bagi saya karena saya yakin jika tidak melakukan hubungan seksual maka otomatis tidak akan tertular. Setelah saya tidak sengaja mengikuti seminar mengenai virus HIV, saya mengetahui bahwa HIV itu unik dan berbeda dengan penyakit lainnya ataupun penyakit menular seksual lainnya, karena HIV baru terasa mengganggu pengidapnya setelah bertahun-tahun setelah penderita berhubungan dengan pengidap HIV, dan pada hari ini saya menjadi tertarik untuk membahas secara gamblang betapa uniknya vius HIV. Kata unik disini dimaksudkan karena virus ini berbeda dengan virus yang lain yang akan saya jelaskan dibawah.
Pengertian, Tahapan , Cara Penularan, Cara Tes HIV Lengkap
Sumber Gambar : https://kpa-provsu.org/vct.php
Saya prihatin dengan kondisi anak muda dan bahkan anak "tua" Indonesia ini. Bagaimana nasib bangsa kita saat ini karena perilaku-perilaku kebanyakan masyarakatnya sudah menyimpang dari norma-norma.  Salah satunya adalah norma susila, banyak anak muda yang melakukan tindakan seks bebas seperti ciuman, oral seks, bahkan berhubungan intim dengan pacarnya dan parahnya lagi, sering dijumpai anak-anak yang sudah pacaran dan melakukan hal terlarang tersebut lebih dari satu kali dan mereka seolah tidak malu dan bangga akan hal terlarang tersebut.

Kenakalan-kenakalan remaja tersebut sudah semakin parah, tidak cuma berciuman, banyak para remaja yang sudah berani menggunakan obat-obatan terlarang (Narkoba) dan muncul berbagai istilah baru tentang obat-obatan terlarang tersebut, salah satunya adalah pil koplo, pil kirik dan berbagai istilah sampah lainnya. Mereka seolah tak takut dengan ancaman penyakit Sifilis, Raja Singa, Gonorea, Kutil Kelamin, Herpes, HIV AIDS dan penyakit mengerikan lainnya yang siap menyerang pelaku hubungan seksual cepat ataupun lambat

Apa Itu HIV ?

Pengertian umum tentang HIV, HIV adalah singkatan dari Human Immunodeficiency Virus, virus ini menyerang kekebalan tubuh yaitu sel darah putih sehingga kita menjadi sangat rentan terhadap penyakit yang sepele untuk manusia yang sehat, namun dapat menjadi penyakit yang sangat berbahaya bagi penderita HIV yang tidak memiliki kekebalan tubuh

Tahap Pertama atau Periode Jendela (2 minggu sampai 6 bulan)

  1. HIV Masuk kedalam tubuh
  2. Penderita tampak bugar dan tidak terjadi gejala apapun!
  3. HIV belum bisa dideteksi (untuk mendeteksinya, penderita harus menunggu kurang lebih 3 bulan setelah melakukan hubungan intim atau hal lain yang bisa menyebabkan HIV, lalu barulah dokter bisa mendeteksi apakah penderita positif atau negatif HIV)

Tahap Kedua 

Tahap ini memakan waktu 5 sampai 10 tahun, rata-rata di negara maju adalah 8 tahun, untuk negara berkembang lebih pendek
  1. HIV berkembang dalam tubuh penderita
  2. HIV sudah bisa dideteksi
  3. Penderita tampak sehat dan dapat melakukan aktivitas seperti biasa dan tidak merasakan gejala yang berarti
Jika anda merasa telah melakukan hubungan intim dengan pengidap HIV atau pengidap penyakit menular seksual lainnya anda harus melakukan tes  untuk diketahui apakah anda positif atau negatif HIV.

Disinilah keunikan HIV yang juga bisa  dikatakan bom waktu pembunuh manusia, setelah tahap pertama, HIV tidak menimbulkan gejala apapun. Walaupun tanpa gejala, virus terus menyebar dan merusak kekebalan tubuh dan setelah beberapa tahun sekitar 3-6 tahun dan ada juga situs yang bisa dipertanggung jawabkan kebenaran informasinya mengatakan bahwa tahap kedua tanpa gejala ini bisa mencapai 10 tahun.

Tahap Ketiga (1 Bulan)

  1. Kekebalan tubuh semakin menurun
  2. Terjadi pembengkakan kelenjar limfa atau kelenjar getah bening
  3. Diare parah secara terus menerus yang menyebabkan turunnya berat badan secara drastis

Tahap Keempat 

Tahap ini adalah tahap dimana HIV sudah berubah menjadi AIDS atau Acquired Immune Deficiency Syndrome yang menyebabkan anda sangat mudah teserang penyakit.

Gejala-gejala ang muncul saat tahap AIDS adalah
  1. Diare parah secara terus-menerus
  2. Infeksi jamur pada mulut dan tenggorokan (noda putih di lidah dan mulut yang bau)
  3. Infeksi jamu pada vagina
  4. Berkeringat pada malam hari
  5. Sesak napas dan terkena TBC
  6. Berkeringat pada malam hari
  7. Kelenjar getah bening pada leher dan pangkal baha membengkak
  8. Bintik-bintik ungu ada kulit
  9. Berat badan turun drastis akibat diare parah terus-menerus
  10. Merasa kelelahan
  11. Batuk-batuk yang kondisinya parah
  12. Terjangkitnya penyakit lain yang mengikuti HIV (Infeksi Oportunistis)

Bagaimana HIV Bisa Menular ?

  1. Bayi yang tertlular HIV karena ibu yang mengandungnya adalah penderita HIV, atau bayi yang dilahirkan dan disusui oleh penderita HIV
  2. Oral Seks
  3. Ciuman bibir dengan bibir (jika bibir sampai berdarah dapat menyebabkan tertularnya HIV, HATI-HATI!)
  4. Pemakaian bersama alat bantu seks 
  5. Melalui transfusi darah orang yang terkena HIV
  6. Memakai jarum suntik bergantian tanpa disterilisasi

Tes HIV

VCT atau Voluntary Counseling and Testing adalah bimbingan konseling (pemberian pengertian, jalan keluar dan lainnya mengenai HIV). Jika anda melakukan hubungan seksual atau seperti yang telah disebutkan diatas maka anda sebaiknya melakukan tes VCT di klinik terdekat atau di PUSKESMAS terdekat.

Tes HIV biasanya tes darah untuk memastikan adanya antibodi terhadap HIV. Tes VCT sebaiknya dilakukan 3 bulan setelah melakukan aktivitas seksual atau lainnya yang bisa menyebabkan tertularnya HIV.

Ancaman Lain Yang Mengikuti Virus HIV

Virus HIV menyerang kekebalan tubuh manusia. Jadi, saat kekebalan tubuh manusia diserang oleh HIV, maka penyakit-penyakit lainnya dapat masuk ke tubuh manusia dengan lebih mudah. Salah satu penyakit berbahaya yang bisa menyerang pengidap HIV dengan mudah adalah TBC (Tuberculosis)
TBC dapat menular melalui udara ketika pengidap TBC batuk, bersin, membuang ludah disekitar orang yang sehat. Penyakit TBC banyak menyebar di daerah yang padat dengan saluran air yang tidak terpelihara alias jorok.

Penderita  HIV sebaiknya menggunakan masker jika berinteraksi dengan orang yang terjangkit penyakit TBC
Pengidap HIV juga harus selalu menggunakan masker agar tidak menularkan penyakit TBC kepada masyarakat yang tidak mengidap TBC ataupun kepada pengidap HIV lain yang rentan terserang penyakit TBC karena kekebalan tubuhnya lemah

TBC harus segera diobati, jika tidak maka kesehatan anda akan memburuk dan setelah berobat ke dokter,  anda mendapatkan obat yang harus diminum secara teratur. Minumlah secara teratur. Jangan sampai setelah beberapa waktu minum obat, kemudian anda berhenti minum obat hanya karena alasan malas. Hal tersebut dapat menyebabkan TBC berubah menjadi TB MDR atau Tuberculosis, Multidrug Resistance yaitu ketika virus TBC kebal terhadap obat-obatan yang biasa diminum dan pengobatan akan menjadi lebih sulit lagi dan sangat merepotkan.

Buat kamu yang tidak ingin tertular penyakit-penyakit tersebut sebaiknya menjaga kesehatan dan biasakan hidup bersih.
Bagaimana Kita Mengetahui Apakah Kita Terkena HIV atau Tidak ?
Inilah yang biasa ditanyakan oleh banyak orang. Mencari obat alias solusi kepada dokter dengan mengungkapkan bahwa kita pernah melakukan hubungan seksual lebih baik daripada diam karena jika kita hanya memendam apa yang kita lakukan dimasa lampau maka kita tak akan pernah mendapatkan solusi alias obat.

Bagaimana dan Dimana Kita Melakukan Tes HIV ?

Cara yang dilakukan untuk mengetahui apakah kita terkena HIV atau tidak adalah dengan cara melakukan tes VCT. Tes VCT dapat anda lakukan di PUSKESMAS terdekat karena sudah ada para dokter ahli HIV dan AIDS yang siap membantu anda dalam pencegahan, pemeriksaan, dan pengobatan HIV. Biasanya PUSKESMAS buka hari senin sampai sabtu mulai pukul 08.00 WIB.

Apa Itu VCT ?

VCT adalah singkatan dari Voluntary Counseling Test. Tes ini berguna agar mengetahui secara dini status HIV. Konseling pra testing memberikan pengetahuan tentang HIV, manfaat testing, pengambilan keputusan untuk testing, dan perencanaan atas issue HIV yang akandihadapi. Yang memiliki tujuan bila seseorang menerima status HIV Positif (terkena HIV) maka penderita dapat mengetahui bahwa dia akan menerima dukungan dan layanan lebih lanjut sesudahnya.

Sekian artikel saya kali ini mengenai pengertian, tahapan, cara penularan, dan cara tes HIV yang diulas secara gamblang. Saya ingin melihat, dimasa depan para pengidap HIV AIDS semakin menurun dan akhirnya dapat dihapus dari muka bumi ini. Mari kita sadarkan para pemuda dan orang-orang yang belum sadar betapa pentingnya mencegah terjangkitnya HIV dan juga betapa pentingnya mencegah penularan HIV.

Share artikel ini kepada temanmu, pacarmu, orang tuamu, keluargamu dan orang-orang yang kamu sayangi di bumi ini agar mereka tak terkena HIV AIDS! dan agar orang-orang yang terkena HIV AIDS dapat segera sadar dan segera berobat dan mencegah penularannya kepada orang lain

Sumber :
http://www.alodokter.com/hiv-aids/gejala
http://www.alodokter.com/hiv-aids
http://www.odhaberhaksehat.org/2015/bahaya-tuberculosis-pada-pengidap-hiv/
https://kpa-provsu.org/vct.php
http://health.kompas.com/read/2013/12/02/0817522/Begini.Tahapan.Infeksi.HIV.hingga.Menjadi.AIDS

0 komentar: