Blog About Best Tourist Attractions in Indonesia.

Sunday, 1 January 2017

Sejarah Pariwisata Pulau Bali Indonesia


Sejarah Kenapa Pulau Bali Dikenal Luas Oleh Para Turis – Bali, siapa yang tidak tahu pulau yang dari dulu sudah dikenal sebagai pulau pariwisata. Banyak orang yang ditanya mengnai Pulau Bali, sudah pasti jawabannya adalah surga wisata. Wisata
Pantai kuta adalah tempat wisata yang sering disebut ketika orang-orang ditanya mengunjngi apa saja di bali. Pantai kuta adalah pelabuhan besar dan pusat perdagangan di bali. Kelebihan

Pulau Bali dikenal dengan julukan Pulau Dewata, Pulau Seribu Pura dan Bali Dwipa. Disekitar Pulau Bali, terdapat pulau-pulau kecil yaitu pulau Nusa Penida, Nusa Lembongan, Ceningan, Serangan, Menjangan yang masuk dalam provinsi bali.

Ibukota Provinsi Bali adalah kota Denpasar yang terletak di selatan Pulau Bali. Bali dikenal karena pariwisatanya yang membuat nama bali terkenal hingga ke seluruh dunia. Fasilitas-fasilitas pariwisata yang ada di bali adalah sudah world class atau tingkat dunia.
Sejarah Pariwisata Pulau Bali Indonesia

Sejarah Pariwisata Bali

Perjalanan wisata internasional bali dimulai di awal abad 20an. Saat itu bali ditemukan oleh Cornellis de Houtman dalam perjalanannya mengelilingi dunia dalam mencari rempah-rempah.Cornellis de Houtman berlayar dari Pulau Jawa ke arah timur dan melihat pulau yang disebut Pulau Bali saat ini. Kemudian Cornellis de Houtman mendarat di Pulau Bali dengan harapan mereka dapat menemukan rempah-rempah. Namun, ia tidak menemukan rempah-rempah dan menemukan masyarakat dengan kebudayaan yang unik dan tidakpernah dijumpai di tempat lain yang ia kunjungi di seluruh dunia. Alam bali sangat indah dan kemudian Cornellis de Houtman melaporkan bahwa ia menemukan Pulau Bali kepada Raja Belanda kala itu.

Kemudian sekitar tahun 1920, mulailah wisatawan Eropa datang ke Pulau Bali. Ini terjadi karena kapal dagang Belanda Koninklijke Paketcart Maatsckapy mencari rempah-rempah ke Indonesia dan juga agar mendapatkan penumpang sambil mencari rempah-rempah ke Indonesia. Mereka memperkenalkan Bali di Eropa sebagai the Island of God.

Kemudian mereka mendapatkan penumpang yang berkunjung ke bali yaitu banyak seniman seperti  seniman lukis, tari, sastra dan kemudian seniman-seniman tersebut menulis, melukis tentang Pulau Bali untuk dikenalkan ke Eropa.

Datangnya Para Seniman Eropa Ke Bali

Seniman Sastra

  1. Dr Gregor Kraus adalah orang jerman yang dikirimkan ke Pulau Bali tahun 1921. Ia bertugas untuk membuat tulisan dan foto mengenai kehidupan masyarakat Pulau Bali. Buku tentang bali oleh Dr Gregor Krause kemudian menyebar ke seluruh dunia. 
  2. Banyak juga seniman-seniman lain yang menulis buku tentang bali yaitu :
  3. Miguel Covarrubias yang menulis buku tentang bali yaitu The Island Of Bali pada tahun 1930
  4. Mrs Menc (Ni Ketut Tantri) dengan bukunya Revolt In Paradise
  5. Reolof Goris dengan bukunya Prasasti Bali menetap di Bali tahun 1928
  6. Lovis Conperus dengan bukunya Easwords

Seniman Lukis

  1. R. Bonet mendirikan museum Ratna Warta
  2. Walter Spies bersama Tjokorde mendirikan yayasan Pita Maha dan mengarang buku dengan judul Dance dan Drama in Bali. Ia pertama kali ke Bali tahun 1925
  3. Arie Smith yang membentuk aliran young artist
  4. Le Mayeur yaitu orang Belgia yang mempersunting wanita Bali yang tinggal di Sanur tahun 1930 dan membangun Le Mayeur di Bali. Mario Blanco pelukis yang mempersunting wanita Bali dan menetap di Ubud.
  5. Mario Blanco merupakan orang berkebangsaan Spanyol yang menetap di Ubud dan menikahi wanita Bali. \Banyak seniman dari seluruh penjuru dunia baik asing maupun dari Nusantara yang menetap dibali dan membuat tulisan, lukisan dan karya-karya lainnya yang membuat bali menjadi dikenal seperti sekarang ini. 
Seperti niat dari tim Koninklijke Paketcart Maatsckapy untuk mendapatkan penumpang dengan membawa para seniman untuk menggambarkan seperti apa Pulau Bali. Kemudian setelah para seniman-seniman yang kembali, lalu mereka mereka menggambarkan dan menceritakan seperti apa Pulau Bali yang kemudian membuat Pulau Bali menjadi dikenal di Eropa. Bahkan nama Bali lebih dikenal daripada nama Indonesia.

Bagaimana Menyambut Kedatangan Turis Asing Kala Itu ?

Pastilah daerah pariwisata yang didatangi oleh orang dari jauh seperti eropa, mereka membutuhkan penginapan dan berbagai fasilitas penunjang pariwisata lainnya. Itulah mengapa pada tahun 1930 didirikan hotel yang pertama kali berdiri di Plau bali yaitu Bali Hotel yang terletak di Ibu Kota Provinsi Bali yaitu Denpasar dan dibangunnya pasanggrahan yang terletak di kawasan wisata Kintamani.

Bali Semakin Dikenal

Legong Peliatan Pentas Di Eropa dan Amerika pada tahun 1932 yang membuat banyak seni tari asal bali ditunjukan ke mancanegara. Bali semakin terkenal dan meendapat banyak julukan atas keindahannya.

Berikut beberapa julukan Pulau Bali :

  1. The Island of Gods
  2. The Island of Paradise
  3. The Last Paradise on Earth
  4. The Island of Thousand Temples

Pengaruh Perang Dunia Terhadap Bali

Pariwisata bali pernah terhenti karena meletusnya Perang Dunia 1 dan 2 dan dilanjutkan kemerdekaan Indonesia. Kemudian pariwisata bali bangkit  pada  1956, dan pada 1963 didirikan hotel bali beach yang sekarang berubah nama menjadi Grand Bali Beach dan diresmikan pada tahun 1966.

Hotel Bali Beach

Keuninkan hotel bali beach adalah satu-satunya hotel di bali yang tingginya lebih dari 15 meter.
Hotel bali beach dibangun dengan biaya dari rampasan perang jepang. Ada satu keunikan lagi di Hotel Bali Beach, yaitu saat terjadi kebakaran yang menimpa hotel tersebut pada tahun 1993, kamar nomor 327 tidak terbakar sama sekali.

Pelabuhan Udara Ngurah Rai Dibangun

Untuk memudahkan para wisatawan mendarat langsung ke bali, pada tahun 1969 tepat 3 tahun setelah Hotel Bali Beach diresmikan, Pelabuhan Udara Ngurah Rai diresmikan. Pelabuhan Udara Ngurah Rai merupakan merupakan pelabuhan internasional.
Itulah sejarah singkat mengenai pariwisata Pulau Bali yang terkenal di seluruh dunia. Semoga bermanfaat.


Sumber sebagai referensi : http://www.balichemist.com/infokes/sejarah_pariwisata.html

Sejarah Pariwisata Pulau Bali Indonesia Rating: 4.5 Posted By: Hanung Bayu Adji

0 komentar: